YOKOHAMA BREAD

YOKOHAMA BREAD
by mbak Indah Mardiyah Leicester.

Kangen sama roti roti manis Indonesia, apa mau dikata, tinggal di negeri orang begini kalo mau harus bikin.
Mumpung anak-anak libur , akhirnya diputuskan buat bikin roti ala bakery Indonesia. Ngubek ngubek buku resep roti , akhirnya pilihan jatuh sama Yokohama bread ini….sempet deg-degan takut gagal…tapi Bismillah , ternyata dimudahkan dan jadi ..wiiih senengnya bukan main….Resep ini diambil dari bukunya Chendawati yang judulnya Roti Modern dari kursus masak Ny. Liem tapi saya modifikasi dan disesuaikan sama yg ada.mau tahu gimana caranya ?

Bahan buat roti manis nya :

Bahan A :

~ 500 gram tepung protein tinggi ( di UK sini biasanya namanya Bread Flour…
saya pakai 400 gram bread flour dan 100 gram plain flour.
~ 100 gram gula pasir
~ 2.5 gram soft algaga ( saya gak pake karena gak ada dan gak ngerti itu apa ? )
~ 7.5 gram ragi instan ( saya pakai 1 sachet easy bake yeast )
~ 12.5 gram susu bubuk

Bahan B :
~ 1 butir telur utuh
~ 1 butir kuning telur
~ 50 ml susu evaporated ( saya gak punya jadi pakaisusu cair biasa )
~ 150 air es ( kalo saya pakai air tap biasa , karena masih dingin di UK jadi air tap nya juga serasa dari kulkas )

Bahan C :
~ 7.5 gram garam
~ 25 gram wood burn butter *
~ 25 gram margarin Eva*
~ 25 gram buttersub milky *
*terus terang saya nggak ngerti ama nama nama butter di Indo jadi akhirnya saya pake butter sini campur margarin pokoknya totalnya jadi 75 gram sama kayak yang diresep .

Caranya :
1. Campur bahan A dan kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur lalu masukkan bahan B , kocok hingga kalis ( dah mulai ngebentuk seperti bola kalo pake mixer )

2. Tambahkan bahan C sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai jadi kalis dan elastis ( tandanya itu kalo ditarik gak putus kayak karet terus adonannya transparan kayak kalo bikin kulit martabak )

3. Diamkan adonan sampai mengembang 2 x lebih besar dr ukuran semula ( waktu relative yah…karena di UKsini udaranya dingin jadi sering saya akalin ditaruh di oven yg sudah saya panaskan 30 derajat ,jangan panas-panas, kalo kepanasan malah gak ngembang yg ada bakal mati , cukup 30-40 derajat Celsius aja , sambil ditutup serbet bersih biar permukaannya gak kering )

4. Kalau sudah mengembang , kempiskan adonan dan timbang kira kira @50 gram , diamkan 15 menit
5. Roll adonan , isi sesuai hati ..(tapi karena ini Yokohama Bread jadi saya isi cream cheese yang diaduk sama gula sedikit )

6. Kalau sudah diisi , taruh di Loyang yang sudah dialasi kertas roti terus diamkan lagi sampai mengembang ( kira kira 60 menit yah )

7. Kalau sudah mengembang , kasih topping (resepnya dibawah) dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya suhu 180 derajat celcius kirakira 15-20 mnt sampai matang dan berwarna kecoklatan…( timing ini beda beda tgtg oven masing-masing…jadi kenali oven yg ada dirumah yah )

8. Angkat dan sajikan…Voila…..

Notes : saya mau ngaku niy agak cheating karena pakai bread maker , nah kalo pakai bread maker semua bahan bahan ditaruh dan kemudian di setting ke dough only kalo punya saya waktunya 2 jam 25 menit , nah baru kalau sudah selesai lanjut ke tahap nomer 4 dst nya.

Sekarang bikin Toppingnya …

Bahannya :
• 5 butir telur
•120 gram gula bubuk
•100 gram butter dicairkan
•100 gram margarin dicairkan
•60 gram susu bubuk
•60 gram guka pasir
•200 gram terigu (plain flour )

*saya bikin setengah resep jadi dibagi dua semuanya…untuk telur saya pake 2 yang large

Caranya :
•Kocok telur dan gula bubuk (icing) samapi mengembang dan kental, tuangkan mentega cair aduk perlahan pakai spatula sampai rata saja. Tambahkan susu bubuk , gula pasir dan terigu , aduk rata lagi . masukkan ke dalam plastic segitiga .
•Siapkan adonan roti yang sudah diisi tadi (tahap ke 6 )
•Sebelum masuk oven semprotkan arah melingkar seperti obat nyamuk

Jadi deh…memang bikin roti susah susah gampang dan butuh waktu lama , tapi semuanya terbayar kok …beneran nikmaaat apalagi rumah jadi harum banget serasa lewat didepan salah satu bakery ternama di Indonesia ….selamat mencoba ….

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s