SATE BUNTEL

SATE BUNTEL

by Mbak Tuti Nurmuntaha – New Castle

Waktu saya kecil, Eyang saya pernah bercerita tentang lezatnya sate buntel di salah satu warung sate di Solo. Sampai saya beranak 3, belum sekali pun saya merasakan yang namanya sate buntel…hehe, soalnya dari cerita Eyang, saya membayangkan betapa berlemaknya jenis sate yang terbuat dari daging kambing itu, dan saya paling tidak suka dengan lemak, entah lemak sapi, kambing atau ayam. Nah, di Newcastle ini barulah saya merasakan sate buntel, buatan sendiri, dan tanpa lemak. Alhamdulillah, anak-anak dan bapaknya suka … :))

Bahan :

500 gram daging kambing, cincang halus
timun, tomat, dan kol secukupnya
alumunium foil untuk membungkus
kecap manis secukupnya
cabe rawit secukupnya
tusuk sate secukupnya

Bumbu

4 siung bawang putih, haluskan
2 sendok makan bawang merah / shallot yang telah dihaluskan
1 sendok makan bubuk ketumbar
1 sendok teh lada putih bubuk
garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat :

1. Campur daging kambing cincang, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada putih, garam dan gula. Aduk rata.
2. Bentuk campuran daging sesuai selera lalu bungkus dengan alumunium foil, dan kukus sampai matang.
3. Tusuk sate kukus dengan tusuk sate, lalu olesi dengan campuran kecap manis + 1 sendok teh ketumbar bubuk + 1 sendok makan minyak wijen.
4. Bakar sate sebentar (sampai kecoklatan).
5. Sajikan dengan sambal kecap (kecap manis + potongan cabe rawit), kol, tomat, timun, dan nasi hangat.

Leave a Reply

