Kue Sus

Sumber Milis DapurBunda dan Riana Ambarsari , dimodifikasi oleh : mbak Ewik – Coventry

Bahan:
130 gr Tepung Terigu Cakra Kembar atau Strong Bread Flour
1 sdt garam
100 gr margarine
4 butir telur
250 ml air

Isi :

1 resep Vla Napoleon

Cara Membuat:

1. Air, garam dan margarine dimasak sampai mendidih.
2. Masukkan tepung, aduk sampai matang dan tercampur rata. Biarkan hingga adonan agak hangat.
3. Panaskan oven 200 derajat Celcius. Masukkan telur ke dalam adonan tepung satu persatu sambil terus diaduk atau dimikser sampai rata dan halus.
4. Semprotkan atau sendokkan ke atas loyang kue kering beralas kertas roti/silikon. Panggang selama kurang lebih 25 menit. Angkat.
5. Isi sesuai selera.

Note:

* Resep kulit sus ini yang paling enak so far menurut saya sih. Merekah cantik, ‘menul-menul’, dan gampang banget bikinnya!
* Selama manggang, oven jangan dibuka-buka ya. Nanti dia gak mau kokoh kulitnya.
* Timing yang tepat sangat penting untuk ngedapetin kulit yang kokoh dan gak melembek ketika dingin. Kalo udah lewat 25 menit di permukaan kue masih ada mentega berbuih-buih, jangan dikeluarkan dulu dari oven. Tunggu sampe udah gak ada buih mentega lagi yang keluar, baru angkat kue dari oven.
* Setelah dikeluarkan dari oven, segera pindahkan kue sus ke rak kawat, supaya bagian bawahnya gak beruap dan malah jadi lembek. Kalo gak ada rak kawat, yah gimana kek caranya supaya bagian bawahnya tuh bisa kontak langsung sama udara.
* Tusuk-tusuk kue sus dengan tusuk gigi di beberapa tempat setelah dikeluarkan dari oven untuk memudahkan keluarnya uap air.
* Cara mengisi kue sus: gunting dikit kulitnya, semprotkan isi dengan menggunakan plastik segitiga. Sruuutt….!

Bahan Vla : (kl mau buat…buat 1/2 resep saja…itu sudah jd banyak bgt…)

800cc susu
120gr gula kastor (modified. Original recipe: 200 gr)
5 btr kuning telur
50 grm tepung maizena (kl saya 60-80 gr )
100 cc whipped cream
1 sdm mentega tawar

Cara membuat:

– Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok kuning telur dengan garpu, cairkan dengan sedikit susu, sisihkan.
– Didihkan Susu dan gula, masukkan campuran maizena, aduk rata, kecilkan api.
– ‘Pancing’ larutan kuning telur dengan sedikit adonan susu panas (lihat Note), lalu masukkan larutan kuning telur ke dalam campuran susu, aduk rata.
– Masukkan whipping cream, aduk lagi dan didihkan sekali lagi.
– Angkat dari api, masukkan 1 sdm mentega, aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata (permukaan vla jadi mengkilat).
– Aduk hingga uapnya hilang, . Dinginkan.

Note:

* Supaya adonan vla gak ‘berkulit’ setelah didinginkan, aduk terus selama pendinginan. Supaya gak capek ngaduknya, persingkat waktu pendinginan dengan meletakkan mangkuk vla di atas es batu. Aduk terus vla hingga dingin. Niscaya (taelah) vlanya akan hualus dan tiada berkulit.
* Lebih enak lagi kalo susunya dicampur sama susu evaporated (200 ml evaporated + 600 ml susu biasa). Mmmm… beda loh!
* Masukin telur ke adonan susu caranya dengan ‘dipancing’:
Tuangkan sedikit adonan susu panas ke dalam cairan telur, langsung diaduk cepat supaya gak menggumpal. Nah, suhu adonan telur ini akan jadi hangat atau mendekati suhu adonan susu. Kalau adonan telur masih kurang panas, tambahkan adonan susu sedikit lagi, aduk rata. Masukkan adonan telur ke dalam adonan susu panas, aduk rata. Jadi gak menggumpal deh. Hore…!

ps : Kalau malas utk membuat kue susnya….bisa dibuat vla-nya saja…trs tinggal beli croissant di asda atau tesco….belah jadi dua croissantnya…dan di tengah2nya dikasih vla napoleon ini…..enaak!…jgn lupa sblm dimakan…croissantnya dipanaskan 10 detik dulu di microwave……
boleh juga atasnya croissant diberi topping coklat leleh atau apa saja utk mempercantik……..

selamat mencoba….. .

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s